THE AMAZING OF MIND MAP

Mind mapping (peta pikiran) merupakan kegiatan yang disenangi dinkelas kami. Peserta didik sangat menikmati dengan menggunakan metode pembelajaran ini. Hasil nya sungguh luar biasa. Mereka bisa mengembangkan sebuah materi seluas-luasnya dan dituangkan dalam selembar kertas yang sudah dipersiapkan. Dalam selembar kertas tersebutakan banyak bermacam-macam bentuk dan isinya. Tentu saja colourful. Hasilnya? Wow ... Tidak perlu ditanyakan. Benar-benar luar hiasa. Kadang saya sangat terheran-heran melihat hasilnya. How creative they are!

Apa sich itu mid map? Apa ya kelebihan dan kerugiannya?

Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi pelajaran dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Mind map dikembangkan oleh Tony Buzan (2002) sejak akhir tahun 1960-an sebagai cara untuk mendorong peserta didik mencatat hanya dengan menggunakan kata kunci dan gambar. 

Iwan Sugiarto (2004: 75) mengemukakan “pemetaan pikiran (mind mapping) adalah teknik meringkas bahan yang perlu dipelajari, dan memproyeksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya”. Kegiatan ini sebagai upaya yang dapat mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan, yang kemudian dalam aplikasinya sangat membantu untuk memahami masalah dengan cepat karena telah terpetakan. Hasil mind mapping berupa mind map. 

Kelemahan mind-map

Tentunya di samping banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pembelajaran mind map. Namun tidak menutup kemungkinan kelemahannya pun tentunya ada. Adapun kelemahan-kelemahan pembelajaran mind map ini adalah;
  • Hanya siswa yang aktif yang terlibat
  • Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan ingatan.
  • Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak perlu.
  • Waktu terbuang untuk cari kata kunci pengingat.
  • Hubungan kata kunci pengingat terputus oleh kata-kata yang memisahkan.
  • Kata kunci pengingat terpisah oleh jarak.

Kelebihan mind-map

Di samping manfaat dan kelemahan ada juga kelebihan dari pembelajaran mind map. Kelebihan-kelebihannya adalah sebagai berikut:
  • Mudah melihat gambaran keseluruhan
  • Membantu otak untuk: mengatur,mengingat,membandingkan dan membuat hubungan.
  • Memudahkan penambahan informasi baru.
  • Pengkajian ulang bisa lebih cepat.
  • Setiap peta bersifat unik.
Selain itu, mind map juga ternyata dapat membantu kita sebagai pendidik untuk :
  • Merencana
  • Berkomunikasi
  • Menghemat waktu 
  • Menyelesaikan masalah 
  • Memusatkan perhatian 
  • Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran 
  • Mengingat dengan lebih baik 
  • Belajar lebih cepat dan efesien 
  • Melihat “gambar keseluruhan”

Langkah-langkah mind-map

Model pembelajaran Mind Mapping sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban. Metode terbeut dipergunakan untuk berkelompok atau berpasangan.
Langkah-langkah pembelajarannya :
  1.  Siswa diminta membaca kembali sekilas materi yang telah dijelaskan guru pada awal kegiatan pembelajaran.
  2. Tanya jawab materi pembelajaran secara garis besa
  3. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (4-5 orang setiap kelompok).
  4. Setiap kelompok menganalisis materi dan berdiskusi membuat peta pikiran (mind mapping) materi pelajaran.
  5. Siswa dibimbing, dimotivasi dan diawasi guru selama diskusi kelompok membuat peta pikiran (mind mapping) materi pelajaran.
  6. Setiap kelompok diminta mempresentasikan mind mapping hasil diskusi mereka untuk mendapat tanggapan, masukan dari kelompok lain dan guru.
  7. Siswa dan guru menyamakan persepsi dari hasil presentasi serta diskusi semua kelompok.
  8. Guru mereview kembali materi dan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan secara garis besar dengan bantuan mind mapping materi.
  9. Siswa diberi penguatan dan motivasi agar lebih kreatif dalam membuat mind mapping materi pada pembelajaran selanjutnya.
Mind Map Kelas 5
Prosesnya wow
Mind Map Kelas 4
 
 
 
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POHON KARAKTER 1

READING CORNER

CLASSROOM AWARD