READING CORNER

Dr. Seuss        

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more  places you'll go.”

― Dr. Seuss
 
Suka banget sama quote nya. Tentu saja saya terapkan di kelas kami. Seneng banget kalau lihat anak- anak yang lagi baca buku. Merasa bahwa membaca buku itu lebih bermakna, lebih menyentuh, bahkan bisa menyentuh bentuk fisik bukunya serta lebih menarik dengan melihat gambar-gambarnya.
Tentu saja tidak mudah dalam era Gadged sekarang ini untuk membiasakan mereka dengan membaca buku. Susah luar biasa. Awal ajaran baru saya menyuruh mereka untuk membawa buku dari rumah untuk diletakkan di reading corner. Awalnya hanya 1 box buku saja tapi lama- kelamaan jadi banyak. Kita lihat fotonya ya.....
 
Koleksi kami sekarang sudah banyak looo
 
Saat kami ada waktu luang yuukk kita biasakan untuk membaca.Saya buat senyaman mungkin untuk mereka.hanya berakaskan mmt dan mereka duduk dengan nyaman dan bersih.
 
Sengaja diberi New Release Magazine or Book. Kami berlanggana majalah setiap minggu nya. Tujuannya agar tidak bosan baca buku yang ada di reading corner.
 
 
Kami juga punya penjaga perpustakaan "The Librarian". Siswa boleh meminjam buku dan dibawa pulang untuk bacaan di rumah. Lebih leluasa dalam membaca. Seruuuu
 
Akhir dari semuanya adalah "Write What you read". Saya mewajibkan siswa untuk menulis apa saja yang telah mereka baca di selembar kertas ini. Awalnya anak-anak malas banget. Buat apa sich? Mengapa? Bla bla bla. Saya memberikan penjelasan ke mereka bahwa kegunaannya sangat banyak. 
Manfaatnya :
- Dapat menumbuhkan rasa menghargai buku tersebut.
- Dapat meningkatkan daya ingat mereka setelah mereka menulis laporan buku
- Dan dapat merekomendasikan buku tersebut kepada temannya.
Dalam buku laporan tersebut banyak isi yang terkandung didalamnya. 
Kita lihat ya....
Inti dari dibuatnya reading corner ini adalah untuk meningkatkan minat baca siswa dan mengurangi penggunaan gadget yang sekarang efeknya luar biasa buruknya. Mereka saya target bahwa 1 minggu paling tidak satu bacaan atau satu buku telah mereka baca. Nantinya akan ada reward untuk THE BEST READER OF THE YEAR.
 


 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POHON KARAKTER 1

CLASSROOM AWARD